Kamis, 15 September 2016

Perilaku Konsumen IKK233

http://sumarwan.staff.ipb.ac.id/perilaku-konsumen-teori-dan-penerapannya-dalam-pemasaran/http://sumarwan.staff.ipb.ac.id/perilaku-konsumen-teori-dan-penerapannya-dalam-pemasaran/

Anggia Martiana
Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan  (intp.fapet.ipb.ac.id)
Fakultas Peternakan  (www.fapet.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)


 Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)

Departement of Family and Consumer Science (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Collage of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)  
Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)

Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS


Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia




Kuliah Rabu Pagi 15 September 2016
Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk, dan jasa setelah melalukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi. Perilaku konsumen sangat bergantung pada tingkat umur dan tren ,pada tingkat umur sangat berbeda anak mudah dan orangtua akan beda seleranya sedangkan pada tren lebih banyak di jumpai pada anak muda karena mereka mengikuti tren yang sedang ada.perilaku konsumen di pengaruhi oleh motivasi atau alasan memilih barang tersebut untuk apa dan digunakan untuk apa.
ada dua jenis konsumen yang pertama konsumen pribadi yaitu membeli barang dan jasa untuk di gunakan sendiri ,keluarga dan hadiah dan ada konsumen kelompok memebeli barang dan jasa untuk menjalankan kegiatan organisasi .perspektif dalam pengambil keputusan berdasarakan rasional ,kegembiran dan pengaruh luar seperti budaya ,lingkungan dan ekonomi .
sangat banyak manfaaat dalam mempelajari perilaku konsumen  konsumen untuk pemerintah ,peneliti ,perusahaan dan membantu konsumen.mempelajari perilaku konsumen, kita dapat milih barang apa yang harus dibeli, mengapa membeli barang itu, kapan saja harus membeli barang itu, dimana tempatnya untuk dapat membeli barang tersebut, berapa seringkah harus membeli barang itu, dan berapa sering kita menggunakan barang yang akan dibeli tersebut. 
Dalam perilaku konsumen terdapat perspektif riset perilaku konsumen diantaranya:
1. Pengambilan keputusan
2. Eksperiensial (pengalaman)
3. Behaviour (pengaruh lingkungan/trend)
Untuk mempelajari perilaku konsumen yaitu dengan menggunakan rumus 4W, 2H. Dimana:
1.      What they buy?
2.      Why they buy it?
3.      When they buy it?
4.      Where they buy it?
5.      How often they buy it?
6.      How often they use it?

Dimensi perilaku konsumen
Konsumen akan melakukan tiga macam perilaku yang terkait dengan barang, jasa, pengalaman, dan ide. Dimensi tersebut yaitu:
1.      Bagaimana dia mendapatkan?
2.      Bagaimana ia mengonsumsi?
3.      Bagaimana menghilangkan sisa konsumsi, atau bagian yang tidak dikonsumsi?

Perilaku konsumen di Dunia
1.      Disiplin perilaku konsumen tumbuh dan berkembang karena konsumen memiliki kesamaan perilaku dan juga perbedaan perilaku.
2.      Memakai pakaian dan aksesoris yang sama
3.      Globalisasi ekonomi
4.      Globalisasi
Mengapa kita harus mempelajari perilaku konsumen? Ini karena perilaku konsumen dinamis dan menarik, juga untuk melindungi konsumen. Perilaku konsumen mempunyai proses keputusan yaitu:
1.      Pengenalan kebutuhan
2.      Pencarian informasi
3.      Evaluasi alternatif
4.      Pembelian
5.      Konsumsi
6.      Evaluasi pascakonsumsi
Tidak hanya itu, proses keputusan ini pun diperngaruhi oleh: perbedaan individu, faktor lingkungan, dan juga strategi pemasaran. Peredaan individu ini mencakup perbedaan motivasi, kepribadian, konsep diri, pengolahan informasi dan persepsi, proses belajar, pengetahuan, sikap, dan agama. Faktor lingkungan seperti mencakup budaya, keluarga, kelompok acuan, dan teknologi.
Kebutuhan dan Motivasi
Motivasi atau dorongan muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Motivasi dapat berasal dari dalam diri dan luar diri manusia itu sendiri. Motivasi yang berasal dari dalam yaitu untuk mempertahankan hidup, seperti makan, minum, atau disebut dengan primer needs. Sedangkan dari luar (secondary needs) merupakan respon dari lingkungan.
Terdapat pula faktor manfaat:
1.      Kebutuhan utilitarian yaitu pembelian karena manfaat fungsional dan karakteristik obyek produk.
2.      Kebutuhan ekspresif/hedonik yaitu kebutuhan psikologis untuk memenuhi tuntutan sosial dan estetika. Seperti rasa gengsi, emosi, dan rasa puas

Teori Maslow mengemukakan 5 kebutuhan manusi, yaitu:
1.      Kebutuhan fisiologis
2.      Kebutuhan rasa aman
3.      Kebutuhan sosial
4.      Kebutuhan ego

Tidak ada komentar:

Posting Komentar